Trik Mengatasi Autoblog Yang Mencuri Artikel Blog Kita

Posted On // Leave a Comment
Trik Mengatasi Autoblog Yang Mencuri Artikel Blog Kita – Pagi ini seperti biasanya setelah saya online hal yang paling pertama saya lakukan adalah mengecek email. Ternyata ada beberapa pingback yang mengarah ke blog ini. Setelah saya buka, pingback ini berasal dari autoblog yang mencuri semua artikel saya. Sebenarnya agak kesal juga melihat kejadian ini dan berniat menelusuri pelakunya. Tapi setelah saya pikir percuma juga. Dunia maya hukumnya memang seperti ini. Kita harus siap menghadapi segala sesuatu yang terkadang merugikan kita.
Sebagaimana lyrik lagu saykoji :
“Jangan Mau dikontrol oleh panasnya situasi, balas dengan karya”
“Marah-marah di internet udah pasaran, Ngomel-ngomel dipasar kagak sabaran” :D
Dari pada kesal dan ngomel-ngomel mending saya browsing mencari artikel blogger senior yang lain siapa tau ada pencerahan.
Setelah browsing ternyata memang banyak teman-teman yang mengalami kejadian seperti ini dan cara mereka mengatasi juga bermacam-macam.
Salah satu cara yang paling mudah mudah yang disarankan teman saya adalah mengubah settingan For Each Article In a Feed Show menjadi Summary.
Caranya masuk pada menu Settings –> Reading.
Pada bagian For Each Article In a Feed Show terdapat dua pilihan yaitu Full Text Dan Summary. Silahkan pilih Summary.

Dengan memilih Summary maka autoblog yang menjadikan blog kita sebagai sasaran atau orang yang berlangganan email dengan artikel kita hanya bisa mencuri artikel sebanyak 50 word saja. Kalau kita memilih Full Text maka semua artikel secara lengkap akan terkirim ke autoblog tersebut.
Setelah  mengubah ke pengaturan ini saya lalu mencoba menerbitkan satu artikel, dan menunggu artikel  di update autoblog. Ternyata hasilnya memang benar, artikel yang terkirim ke autoblog  hanya sebanyak 50 kata (word) saja. Tapi masih ada kekurangan karena pada artikel tersebut  tidak ada link yang mengarah ke blog kita.
Tampilan artikelnya seperti pada gambar berikut :

Kalau diperhatikan artikel yang masuk ke autoblog diatas tidak ada sesuatu yang menguntungkan blog saya. Jumlah kata artikel memang hanya 50 kata tapi tidak ada link yang mengarah ke blog saya.
Saya lalu mencoba mencari cara lain dan menemukan sebuah plugin dengan nama RSS No More.
Berdasarkan deskripsi singkat dari plugin ini fungsinya adalah menampilkan link read more (baca selengkapnya) pada artikel yang terkirim ke email pembaca yang berlangganan artikel ke blog kita. Begitupun dengan autoblog yang mencuri artikel kita.
Jadi untuk membaca keseluruhan artikel maka harus mengklik link read more yang menuju ke blog sumber.
Setelah saya install plugin ini saya kembali mencoba menerbitkan artikel baru. Ternyata hasilnya belum ada perubahan, masih seperti sebelumnya.
Saya berpikir mungkin ada bentrok antara plugin RSS No More dan settingan For Each Article In a Feed tadi. Lalu saya mencoba mengubah settingan For Each Article In a Feed ke Full Text (bukan Summary lagi).
Setelah selesai artikel baru kembali diterbitkan dan mengecek ke autoblognya.
Hasilnya perhatikan gambar berikut :

Pada gambar diatas artikel yang masuk ke autoblog tersebut hanya sekitar 1 paragraf dan pada akhir kalimat terdapat kalimat “Baca Selengkapnya : Trik Memainkan Video Di Youtube Agar Tidak Terputus
Kalimat ini me-link ke artikel saya http://tenriewa.com/2010/trik-memainkan-video-di-youtube-agar-tidak-terputus/
Coba perhatikan link di status bar dibawah pada saat kursor diarahkan ke kalimat “Baca Selengkapnya : Trik Memainkan Video Di Youtube Agar Tidak Terputus”
Dengan demikian puaslah hati saya :D
Kalaupun ada puluhan autoblog yang mencuri artikel blog ini mereka justru memberi beberapa keuntungan bagi blog ini seperti :
  • Memberi backlink gratis
  • Membantu mempromosikan artikel blog ini
  • Meningkatkan traffic blog ini
Ok, sekian info dari saya….
Bagi anda yang mempunyai blog dari wordpress boleh menerapkan cara ini untuk mencegah pencurian artikel melalui autoblog seenaknya tanpa memberi feedback ke blog kita.

 semoga membantu anda para blogger mania
Sumber : KLIK INI

0 komentar:

Posting Komentar